Minggu, 25 Maret 2012

DEMOKRASI

Demokrasi itu apa? Senin pagi anakku memulai hari dengan pertanyaan.



Pagi-pagi saya harus menerjemahkan kata sakti menjadi aksi pasti.

Menurut KBBI, demokrasi adalah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak DAN kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.


Pada setiap orang, ada hak-hak yang melekat kepadanya sebagai manusia.
Hanya, harus diingat, bahwa seperti kanan dan kiri, siang dan malam, atau atas dan bawah, hak pun mempunyai pasangan, yaitu kewajiban.


Hakmu berbatasan dengan kewajibanmu.
Misalnya, pagi hari kamu ingin santai, berlama-lama di tempat tidur. Kamu bisa berargumen bahwa menikmati hidup adalah hak asasi manusia. Tetapi, sebagai anak kamu punya kewajiban sekolah. Pemanfaatan hak harus mengalah atau ditunda setelah menjalankan kewajiban.

Di sisi lain, hakmu berbatasan pula dengan hak orang lain.
Misalnya, kamu berhak berkreasi sebebas-bebasnya di rumah, seperti membuat karya seni dari tepung terigu. Kamu tidak boleh lupa, mamah sebagai penghuni rumah juga, mempunyai hak atas kebersihan dan kenyamanan. Jadi, kamu harus hati-hati agar debu tepung tidak terbang ke mana-mana, dan bekasnya harus dibersihkan.

Begitulah, tidak 100% hakmu dapat diwujudkan, karena berbatasan dengan hak orang lain di sekitarmu. Dan, ketahuilah, ketika orang lain tidak melakukan sesuatu, itu bukan berarti mereka tidak ingin, tetapi bisa jadi orang itu sekedar sedang bertenggangrasa kepadamu, menjalankan kewajiban dia untuk menjaga agar hakmu terpenuhi.

Pun, ketika orang lain diam atas pendapatmu, belum tentu mereka setuju. Bisa jadi itu hanya agar tidak ada debat diantara kalian, yang akan mengganggu hak pihak ketiga atas ketenangan.

Itulah demokrasi, Nak.
Kita demokratis jika sudah bisa berbuat tidak hanya atas nama hak diri kita sendiri saja, tetapi sudah mempertimbangkan hak-hak orang-orang lain juga.
Kita baru di level egois, jika kita menuntut kewajiban orang lain memenuhi hak kita saja.
Semoga kita termasuk golongan yang arif, menjalankan kewajiban tanpa banyak bicara, menjaga hak orang lain tanpa banyak kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar