Sabtu, 08 November 2014

Perusahaan Bernama Unik



“Hari ini kita akan makan siang dimana?”
“Di Tempat Biasa.”

          Ini percakapan yang sangat biasa. Kita pasti sering pula melakukannya. Pada umumnya orang sudah punya tempat makan favorit masing-masing. Tempat biasa ini bisa di warteg, resto fastfood, atau apa saja.
Tetapi, bagi teman-teman di Jalan Raya Hankam, Bekasi, percakapan ini mengacu ke satu tempat tertentu saja. Cafe Tempat Biasa, namanya.

          Kemarin saya lewat, dan tertarik. Saya tidak mampir, karena memang bukan jam makan. Tetapi namanya begitu berkesan. Ini nama yang unik, dan mudah diingat, sering diucapkan. Jika pelayanan dan kualitas makanan menunjang, menjadi besar tinggal menunggu waktu saja.


          Cafe Tempat Biasa, mengingatkan saya pada nama lain. Kawan Lama. Sejak tahun 80-an akhir, saya tinggal di kompleks perumahan di belakang jalan Cipaganti. Ada satu rumah yang dijadikan kantor di jalan Cipaganti, di depannya terpampang plang bertuliskan PT Kawan Lama Sejahtera. Setiap akan pulang ke rumah, saya melewati kantor ini. Secara fisik, biasa saja. Rumah biasa, tidak mencrang. Saya ingat karena namanya yang unik. Kawan Lama Sejahtera.


          Pernah saya bercanda dengan suami, betapa staf Marketing perusahaan ini dimudahkan dalam melakukan kontak kepada calon klien. Jika mereka menelepon, misalnya, percakapan bisa seperti ini:

Calon klien : Selamat siang, PT XX disini. Ada yang bisa kami bantu?
Marketing KLS :Selamat siang. Bisa bicara dengan Pak AA, direktur anda?
Calon klien yang waspada : Maaf, ini dari siapa?
Marketing KLS : Ini dari Kawan Lama
Calon klien : Baiklah, sebentar, Pak.
Calon Klien menghubungi atasannya : Ada telepon, katanya dari kawan lama Bapak. Apakah akan diterima?
Atasan : Oh, ok, sambungkan saja. *sambil menduga ini kawan lama relasinya.
Calon klien kepada Marketing KLS : silakan langsung saja dengan Bapak.
...

          Minggu lalu, saya mampir ke Ace Hardware, dan sempat ngobrol dengan seseorang. Saya duga dia staf dari kantor pusat yang sedang melakukan blusukan, cek toko cabang Bogor. Awalnya sih hanya menanyakan satu barang yang saya cari saja, tapi kemudian obrolan melebar. Sampai ke informasi bahwa Ace Hardware ini salah satu unit usaha milik PT Kawan Lama.

          Saya langsung teringat PT Kawan Lama Sejahtera yang dahulu saya lewati hampir tiap hari. Kantor kusam di jalan Cipaganti. Apakah mungkin ini perusahaan yang sama? Aa Google pun kembali jadi andalan.

          Ternyata benar. Kawan Lama Sejahtera, perusahaan yang didirikan sejak 1955. Awalnya perusahaan penyedia alat-alat berat. Pada masa kejayaannya, mungkin ini memang jenis usaha yang tepat. Indonesia banyak membangun infrastruktur dalam beberapa dekade. Perusahaan ini cerdas membaca zaman. Ketika era pembangunan mulai bergeser, mereka mengubah usaha dasar. PT KLS membuat beberapa anak usaha dan mengubah target. Mereka mencanangkan akan menjadi perusahaan ritel kelas dunia. Nama Ace Hardware, Informa, Krisbow...kini mulai familier sebagai penyedia barang utama di katagorinya. Nama perusahaan induk pun lebih singkat, PT Kawan Lama saja. Kantor cabang Bandung pun tak di Cipaganti lagi, plangnya merah ceria di jalan Pungkur.

          Maaf menyebut merk. Tapi ini asli bukan iklan. Saya tak ada urusan apa-apa dengan perusahaan ini kecuali sebagai pembeli sesekali. Saya hanya tertarik dengan namanya.

          Dua contoh ini, siapa tahu bisa menjadi ide menarik bagi pembuatan nama unik lain. Sederhana, mudah diingat, bahkan biasa didengar, tapi spesifik.

4 komentar:

  1. pengalaman luar biasa terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga mbak Putri Devina yang telah menyempatkan mampir.

      Hapus
  2. luar biasa sekali mbak,pastinya pengalaman ini akan jadi kenangan ya :)

    BalasHapus